๐Ÿ๐Ÿ๐Ÿ๐Ÿ ๐ŸƒThibbunnabawy Ibnul Qoyyim rahimahulloh ====================== ๐Ÿ“‘KISMIS ====================== ๐Ÿ‡KISMIS yang…

๐Ÿ๐Ÿ๐Ÿ๐Ÿ

๐ŸƒThibbunnabawy
Ibnul Qoyyim rahimahulloh

======================
๐Ÿ“‘KISMIS
======================

๐Ÿ‡KISMIS yang terbaik adalah yang berbentuk besar, banyak lemak dan daging, tipis kulitnya, sudah dicabut bijinya kalaupun ada sangat kecil sekali.

Materinya bersifat panas dan lembab pada tingkatan pertama.
Bijinya bersifat dingin dan kering.

Sifatnya sama dengan anggur, karena kismis terbuat dari anggur. Yang manis bersifat panas, yang asam bersifat dingin mengigit. Sementara yang putih lebih menggigit lagi.

๐Ÿ’ Dagingnya amat cocok bagi paru paru bila dimakan begitu saja. Demikian juga untuk sakit batuk , sakit ginjal dan kandung kencing. Memperkuat lambung dan melemaskan otot perut.

๐Ÿ’ Kismis yang manis lebih banyak gizinya dibandingkan anggur sendiri, namun lebih sedikit gizinya di bandingkan dengan buah “TIN” kering.

Buah ini memiliki energi pembakar dan membantu pencernaan,mampu mencengkeram dan membantu proses metabolisme secara stabil.
Secara umum kismis bisa memperkuat lambung , lever, limpa, berguna untuk sakit tenggorokan, dada paru2, ginjal dan kandung kencing.

๐ŸฏYang terbaik adalah dimakan tanpa bijinya.

Kismis mampu memberi suntikan gizi yang amat baik sekali. Tidak menyebabkan penyumbatan sebagaimana kurma . Kalau dimakan dengan bijinya akan lebih berkhasiat untuk lambung, liver, limpa. Kalau dagingnya yang sudah di kunyah ditorehkan pada kuku yang sudah goyang bisa cepat mencabutnya.

๐Ÿ‹Kismis yang manis dan tidak berbiji amat baik untuk para penderita lendir dan kebanyakan dahak. Selain itu juga bisa menyuburkan liver dan menyehatkannya.

๐ŸŽKismis juga bisa menguatkan hafalan (alquran , hadits ).

๐Ÿ“œ Al Imam Zuhry rohimahulloh berkata : barangsiapa yang ingin menghapalkan hadits hendaknya ia memakan kismis.

๐Ÿ“œ zaadul maad 4/ 300-301 cetakan daar ibnu rajab

โœ’Amr bin Suroif hafidhahulloh

Posted by | View Post | View Group

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *