๐Ÿ๐Ÿ๐Ÿ๐Ÿ ๐Ÿ“–๐Ÿ”Ž Tips Mencegah Migrain atau Sakit Kepala ๐Ÿ’ฅKejadian migrain…

๐Ÿ๐Ÿ๐Ÿ๐Ÿ

๐Ÿ“–๐Ÿ”Ž Tips Mencegah Migrain atau Sakit Kepala

๐Ÿ’ฅKejadian migrain atau sakit kepala mungkin pernah di alami oleh semua orang. Dan obat peredaran nyerilah yang sering jadi solusi. Sebenarnya hal itu tidak mengapa jika tidak terlalu sering. Namun jika migrain sering kambuh, tentunya tidaklah baik jika terus- menerus mengonsumsi obat pereda nyeri. Karena obat itu juga memiliki efek samping yang tidak baik.

โ˜๐ŸผAkan lebih baik jika kita melakukan pencegahan agar migrain tidak datang atau minimal berkurang.

๐Ÿ‘‡๐ŸปBerikut beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk mencegah migrain:

1โƒฃ. Olahraga rutin 3x seminggu

๐Ÿ“ŒRutin berolahraga kardio bisa mencegah migrain maupun sakit kepala pada setengah pasien migrain.

๐Ÿ‘‰๐ŸฝHal ini bisa terjadi karena ketika berolahraga, tubuh memproduksi hormon endorfin yang mampu memblokir sensor rasa sakit. Selain itu, olahraga juga mampu kurangi stres, salah salah pemicu sakit kepala yang umum.

๐ŸŽพ Tak perlu lama-lama, cukup lakukan olahraga kardio intensitas sedang selama setengah jam seperti jogging atau bersepeda seminggu tiga kali. Tak perlu terlalu berat, nanti malah membuat sakit kepala. Keuntungan ini bisa didapatkan setelah dua minggu berolahraga.

2โƒฃ. Konsumsi sayuran hijau dan kacang-kacangan

๐Ÿ‘‰๐ŸฝKekurangan magnesium bisa buat jadi migrain.

โœ”Dengan memenuhi kebutuhan magnesium 400mg per hari untuk orang dewasa mampu membuat sakit kepala dan migrain tak datang. Penuhi kebutuhan magnesium secara alami dari sayuran hijau seperti bayam dan kacang-kacangan seperti almond dan kacang tanah.

3โƒฃ. Kurangi konsumsi kopi

โ˜•๐Ÿ‘ˆ๐ŸผKandungan kafein pada kopi memicu pusing. Oleh karena itu batasi asupan kopi hanya satu cangkir atau 8 ons per hari.

4โƒฃ. Tidur cukup

โŒš Ketika kurang tidur, meski hanya sedikit, sudah mampu memicu migrain saat terbangun. Kondisi tubuh yang kurang tidur membuat otak jadi lebih sensitif terhadap cahaya terang dan suara keras.

๐Ÿ’ค Sebaiknya, tidur sekitar 7 jam setiap hari dengan jadwal yang rutin, termasuk pada akhir pekan.

5โƒฃ. Tenangkan pikiran

๐Ÿ‘๐ŸผIni ampuh redakan sakit kepala terutama yang dipicu oleh stres. Sediakan waktu hingga 30 menit per hari untuk menenangkan Pikiran.

6โƒฃ. Perkuat leher

๐Ÿ‘‰Berolahraga dengan fokus pada bagian leher dapat membuat rasa sakit kepala berkurang mungkin tampak tak mungkin. Namun studi hal ini benar adanya.

“Ketegangan pada leher — akibat posisi terlalu lama duduk bekerja menghadap layar komputer atau terlalu lama meletakkan telepon di bahu — bisa menekan saraf yang terhubung pada kepala. Hal ini memicu migrain. ”

๐Ÿ‘‰๐ŸฝDengan memperkuat otot-otot leher seperti peregangan mampu mencegah otot di daerah tersebut jadi tegang.

7โƒฃ. Penuhi asupan cairan.

๐Ÿ Dehidrasi merupakan penyebab umum pemicu pusing. Kekurangan cairan membuat darah jadi lebih kental sehingga mengurangi aliran darah ke otak.

โœ‹๐ŸปTak ada aturan seberapa banyak air yang dikonsumsi setiap hari, karena hal ini tergantung pada berat badan, cuaca, aktivitas, dan faktor lain. Jika warna urine kuning gelap, itu artinya harus minum lebih banyak.

๐ŸŒพSemoga bermanfaat.

______________๐Ÿ“

๐Ÿ”ŽOleh: dr. Sophia Umm Ahmad

Posted by | View Post | View Group

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *