📋 Ikhlas Itu Menguatkan Langkah 📝 Ustadzah Rochma Yulika 🌵Bekerjalah…

📋 Ikhlas Itu Menguatkan Langkah

📝 Ustadzah Rochma Yulika

🌵Bekerjalah untuk hidup, untuk ibadah. Mulailah dari yang kecil, mulailah dari yang dekat, mulailah sekarang juga.

🌷Dalam surat Al Mulk ayat 2 Allah berfirman, “Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.”

🌵Karena itu tak heran jika Ibnul Qoyyim memberi perumpamaan seperti ini, “Amal tanpa keikhlasan seperti musafir yang mengisi kantong dengan kerikil pasir. Memberatkannya tapi tidak bermanfaat.”

🌷Dalam kesempatan lain beliau berkata, “Jika ilmu bermanfaat tanpa amal, maka tidak mungkin Allah mencela para pendeta ahli Kitab. Jika ilmu bermanfaat tanpa keikhlasan, maka tidak mungkin Allah mencela orang-orang munafik.”

🌵Mari memaknai ikhlas.
Ikhlas itu bagai matahari yang selalu menyinari bumi tiap hari tanpa berharap balas sedikit pun. Selalu mendatangkan kebermanfaatan bagi semua makhluk di dunia ini.
Sebenarnya ikhlas dari hati yang paling dalam mampu memengaruhi banyak hal.

🌷Misalkan jika seorang yang memasak dengan ikhlas bukan sekadar karena kewajiban atau pekerjaan, makanan yang ia buat rasanya jauh lebih nikmat meskipun dengan bumbu yang sederhana. Seperti kasih ibu pada anaknya. Tak pernah seorang ibu meminta ganti rasa sakit kala melahirkannya.

🌵Tak ada orangtua yang meminta balasan dari harta yang dikeluarkannya. Seperti halnya matahari yang selalu menyinari bumi tiada henti.
Allah Maha Mengetahui apa yang tersembunyi di dalam dada manusia.

🌷Bersandarlah atas segala masalah kehidupan hanya pada Allah. Tak kita pungkiri, raga kita berpijak di bumi. Tak hanya kebajikan yang ada, kejahatan pun merajalela.

🌵Namun demikian, tetapkan hatimu untuk mengingat akhirat dan segala yang terjadi dalam kehidupan yang hakiki.

🌷Katakanlah, “Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam. Tiada sekutu bagiNya; dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku.” (Q.s. al-An’am [6]: 162).

🌵Keikhlasan merupakan energi tersendiri karena Dia pemilik segala urusan. Ikhlas adalah intisari dari keimanan kita kepada Allah.

💦Mari menjadi pribadi yang ikhlas agar apa yang kita lakukan berbalas.

Wallahu a’lam bishowab…

keep syar’i n inspiring
@Muslimah_talk

Posted by | View Post | View Group

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *