๐Ÿ“Ž SABAR โŒ Hai kamu tahu tidak, tadi si fulanah…

๐Ÿ“Ž SABAR

โŒ Hai kamu tahu tidak, tadi si fulanah mengghibahimu demikian dan demikian..
โŒ Eh kata si fulanah kamu gagal ya..?
โŒ Payah kamu, begini saja tidak bisa..

Begitulah lisan manusia sering sekali tidak dikendalikan..
Dan tak pula mencoba memahami bahwa itu menyakitkan..

Wahai saudaraku jika engkau mengalami demikian, maka sabarlah…
Dan berbuat baiklah…

ูˆูŽุฅูู†ู ุงู…ู’ุฑูุคูŒ ุดูŽุชูŽู…ูŽูƒูŽ ูˆูŽุนูŽูŠู‘ูŽุฑูŽูƒูŽ ุจูู…ูŽุง ูŠูŽุนู’ู„ูŽู…ู ูููŠูƒูŽ ููŽู„ุงูŽ ุชูุนูŽูŠู‘ูุฑู’ู‡ู ุจูู…ูŽุง ุชูŽุนู’ู„ูŽู…ู ูููŠู‡ู ููŽุฅูู†ู‘ูŽู…ูŽุง ูˆูŽุจูŽุงู„ู ุฐูŽู„ููƒูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู

โ€œJika ada seseorang yang menghinamu dan mempermalukanmu dengan sesuatu yang ia ketahui ada padamu, maka janganlah engkau membalasnya dengan sesuatu yang engkau ketahui ada padanya. Akibat buruk biarlah ia yang menanggungnya.โ€ (HR. Abu Daud 4084)

๐Ÿ“Œ Ingatlah diantara ciri-ciri sifat ibadurrahman :

ูˆูŽุฅูุฐูŽุง ุฎูŽุงุทูŽุจูŽู‡ูู…ู ุงู„ู’ุฌูŽุงู‡ูู„ููˆู†ูŽ ู‚ูŽุงู„ููˆุง ุณูŽู„ูŽุงู…ู‹ุง

โ€œDan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, maka mereka mengucapkan kata-kata (yang mengandung) keselamatan. โ€ (Qs. Al Furqon 63)

Syaikh shalih al utsaimin mengatakan :
โ€œJika ada orang jahil mengejek, maka balaslah dengan mengucapkan doa kebaikan untuknya semisal mengucapkan โ€˜jazakallah khoironโ€˜ (semoga Allah membalas kebaikanmu). Lalu berpalinglah darinya. Tidak perlu berbicara dan melakukan hal lainnya.โ€ (Syarh Riyadhus Sholihin, 4 : 297-298).

Begitu juga adab yang diajarkan dalam Al Qurโ€™an adalah membalas setiap tingkah laku ataupun perlakuan jelek dari orang lain dengan kebaikan. Dan siapa yang bisa melakukan hal ini, sungguh ia benar-benar memiliki sifat sabar. Allah Subhanahu wa Taโ€™ala berfirman :

ูˆูŽู„ูŽุง ุชูŽุณู’ุชูŽูˆููŠ ุงู„ู’ุญูŽุณูŽู†ูŽุฉู ูˆูŽู„ูŽุง ุงู„ุณู‘ูŽูŠู‘ูุฆูŽุฉู ุงุฏู’ููŽุนู’ ุจูุงู„ู‘ูŽุชููŠ ู‡ููŠูŽ ุฃูŽุญู’ุณูŽู†ู ููŽุฅูุฐูŽุง ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ุจูŽูŠู’ู†ูŽูƒูŽ ูˆูŽุจูŽูŠู’ู†ูŽู‡ู ุนูŽุฏูŽุงูˆูŽุฉูŒ ูƒูŽุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽู„ููŠู‘ูŒ ุญูŽู…ููŠู…ูŒ ูˆูŽู…ูŽุง ูŠูู„ูŽู‚ู‘ูŽุงู‡ูŽุง ุฅูู„ู‘ูŽุง ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ุตูŽุจูŽุฑููˆุง ูˆูŽู…ูŽุง ูŠูู„ูŽู‚ู‘ูŽุงู‡ูŽุง ุฅูู„ู‘ูŽุง ุฐููˆ ุญูŽุธู‘ู ุนูŽุธููŠู…ู

โ€œDan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia. Sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang SABAR dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang mempunyai KEUNTUNGAN YANG BESAR.โ€ (Qs. Fushilat 34-35)

ููŽู…ูŽู†ู’ ุนูŽููŽุง ูˆูŽุฃูŽุตู’ู„ูŽุญูŽ ููŽุฃูŽุฌู’ุฑูู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู

โ€œMaka barang siapa memaโ€™afkan dan berbuat baik maka pahalanya atas (tanggungan) Allah.โ€ (Qs. Asy-Syura: 40)

Maka bersabarlah…
Dan berbuat baiklah…

Posted by | View Post | View Group

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *