๐Ÿ“– Kalau Ada yang Lebih Baik dari ‘ah’ Jika ada…

๐Ÿ“– Kalau Ada yang Lebih Baik dari ‘ah’

Jika ada perkataan yang lebih baik dari perkataan โ€œuff../ ah..โ€ yang menunjukan kejengkelan kepada orang tua, tentulah sudah Allah sebutkan dalam al-Qurโ€™an. Akan tetapi itulah (ahโ€ฆ) kalimat yang paling sopan yang menunjukan kejengkelan atau ketidak setujuan terhadap orang tua.

๐Ÿ”Ž Allah berfirman :

ูˆูŽู‚ูŽุถูŽู‰ ุฑูŽุจู‘ููƒูŽ ุฃูŽู„ุง ุชูŽุนู’ุจูุฏููˆุง ุฅูู„ุง ุฅููŠู‘ูŽุงู‡ู ูˆูŽุจูุงู„ู’ูˆูŽุงู„ูุฏูŽูŠู’ู†ู ุฅูุญู’ุณูŽุงู†ู‹ุง ุฅูู…ู‘ูŽุง ูŠูŽุจู’ู„ูุบูŽู†ู‘ูŽ ุนูู†ู’ุฏูŽูƒูŽ ุงู„ู’ูƒูุจูŽุฑูŽ ุฃูŽุญูŽุฏูู‡ูู…ูŽุง ุฃูŽูˆู’ ูƒูู„ุงู‡ูู…ูŽุง ููŽู„ุง ุชูŽู‚ูู„ู’ ู„ูŽู‡ูู…ูŽุง ุฃููู‘ู ูˆูŽู„ุง ุชูŽู†ู’ู‡ูŽุฑู’ู‡ูู…ูŽุง ูˆูŽู‚ูู„ู’ ู„ูŽู‡ูู…ูŽุง ู‚ูŽูˆู’ู„ุง ูƒูŽุฑููŠู…ู‹ุง

โ€œDan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. jika salah seorang di antara keduanya atau Kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya Perkataan โ€œahโ€ dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka Perkataan yang muliaโ€ (QS Al-Isrooโ€™ : 23)

Ternyata Allah mengharamkan kalimat โ€œahโ€ untuk diucapkan kepada orang tuaโ€ฆbahkan sebagian ulama menyatakan bahwa hal itu adalah termasuk bentuk durhaka kepada orang tuaโ€ฆ.

๐Ÿƒ Sebaliknya membuat orang tua tersenyumโ€ฆ.juga merupakan bentuk berbakti kepada orang tuaโ€ฆberpahala besarโ€ฆ, apalagi yang lebih daripada itu.

โœ’๏ธ Ustadz Firanda Andirja, MA

Posted by | View Post | View Group

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *