Be Patient

image

Sahabat dipastikan bahwa setiap manusia memiliki urusan dalam hidupnya. Jika dirunut maka urusan manusia tidak akan ada habisnya.

Ada yang mampu menyelesaikan urusannya dengan baik, ada pula yang merasa kesulitan, bahkan ia dibuat tidak berdaya dihadapan permasalahannya atau merasa gagal.

Bahkan seakan tidak ada lagi jalan keluar dihadapanya, bagi Allah tidak ada permasalahan hidup kecuali ada jalan keluarnya. Dan hanya kepada Allah tempat kembalinya segala sesuatu.

Allah SWT berfirman :
” dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yg kafir ” (Qs. Yusuf: 87)

Orang yg beriman akan meyakini dengan sepenuh hati bahwa apa yang terjadi pada dirinya, bahkan di alam raya ini, semua atas ketentuan Allah.

Allah tidak menjadikan sesuatu kecuali di sana ada manfaat yang akan diraih oleh hambanNya atau bahaya yang harus dijauhi oleh hambaNya

Maka serahkanlah semua pada kehendak Allah ( iraadatullaah) sesungguhnya Allah menginginkan kita agar semakin arif dalam menjalani kehidupan ini.

Dalam menjalani hidup ini ada tiga langkah,yaitu :

1. Give your self
Serahkanlah semua usaha kita kepada Allah secara total. Dialah yang Mahatahu apa yang tepat untuk diri kita.

2. Know your self
Siapakah kita? Siapa yg menciptakan dan kemana kita hendak pergi? Kenalilah kelebihan dan kekurangannya, kelemahan dan kekuatannya.
Dengan menyadari apa yang ada dalam diri kita maka kita akan memiliki kemampuan untuk mengendalikan gejolak jiwa kita yang sering melakukan pemberontakan.

3. Be your self
Jadilah diri sendiri. Jika kita memiliki prinsip ini maka kita tidak akan pernah ragu dalam memutuskan sebuah masalah

Semua ketentuan Allah pasti membawa kebaikan. Rasulullah SAW bersabda :

“Sungguh menakjubkan seorang mukmin. Semua urusanya adalah baik. Jika diuji dengan suatu kelapangan maka ia bersyukur dan itulah yang terbaik baginya. Dan jika ditimpa suatu musibah maka ia akan bersabar. Dan itulah yang terbaik baginya” ( HR. Muslim)”

Jangan pernah mengatakan “habislah kesabaranku” dalam menjalankan perintah Allah atau ujian dari Allah. Sebab ia mematikan semangat untuk terus berusaha dan senjata yang paling bermanfaat adalah bersabar.

Sikap inilah yang membuat seorang menjadi damai, senang, bahagia yang tidak akan sirna sekalipun musibah mendera..

semoga Allah senantiasa memberikan keteduhan dalam setiap sabar kita hingga berbuah menjadi pahala yang luar biasa.

Aamiin Allahumma aamiin 🙂

– Be Patient

Posted by | View Post | View Group

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *