BERCERMIN adalah kegiatan yang dilakukan untuk melihat sesuatu yang kurang…

BERCERMIN adalah kegiatan yang dilakukan untuk melihat sesuatu yang kurang dari penampilan kita. Bercermin merupakan kegiatan yang sifatnya kebiasaan. Karena setiap saat, kebanyakan dari kita sering melakukan hal tersebut. Apalagi kaum wanita hampir di setiap kesempatan selalu bercermin.
.

Tapi dalam konteks kali ini, bercermin memiliki arti yang berbeda. Bercermin memiliki makna bahwa lihatlah diri sendiri sebelum kita melihat orang lain. Karena tanpa kita sadari bahwa diri kita mungkin tidak lebih baik daripada orang tersebut.
Adapun, saat dimana bercerminlah kita sebelum kita … sebagai berikut

1. Bercerminlah kita sebelum kita menilai orang lain jelek, sombong, jahat, dan sifat buruk lainnya. Karena terkadang kita terlalu sibuk dengan mengurusi orang lain tanpa pernah melihat kepada diri kita sendiri sudah pantas atau tidakkah kita memberikan penilaian terhadap orang lain.
.
2. Bercerminlah kita sebelum kita membicarakan orang lain. Karena kita belum tahu masih banyak orang yang membicarakan kita di belakang. Tak masalah jika hal yang dibicarakan sesuatu yang baik tentang kita. Jika sebaliknya, sungguh perbutan tersebut sesuatu yang sia-sia.
.
3. Bercerminlah kita sebelum kita membenci orang lain. Sebab belum tentu orang yang kita benci seperti apa yang kita pikirkan. Mungkin hal tersebut timbul karena kita tak saling mengenal.
.
4. Bercerminlah kita sebelum Kita merasa bahwa kita baik. Ternyata masih banyak aib dan kekurangan kita di mata orang lain, apalagi di mata Sang Pencipta Yang Maha Sempurna. Jika kita dipkitang sebagai orang baik, hal tersebut semata-mata karena Allah SWT menyembunyikan aib dan keburukan kita di mata hambaNya yang lain.

Sumber: Islam Pos

Posted by | View Post | View Group

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *