‘Dunia ini adalah penjara bagi orang mu’min dan Surga bagi…

‘Dunia ini adalah penjara bagi orang mu’min dan Surga bagi orang kafir’

📝 Ibnu Mukhtar

Segala puji bagi Allah semata. Shalawat dan salam untuk Rasulullah. Amma ba’du!

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ :قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الدُّنْيَا سِجْنُ الْمُؤْمِنِ وَجَنَّةُ الْكَافِرِ

Dari Abu Hurairah ~radhiyallahu ‘anhu~, ia berkata : Rasulullah ~shallallahu ‘alaihi wa sallama~ telah bersabda : “Dunia ini adalah penjara bagi orang mu’min dan Surga bagi orang kafir.” [HSR. Muslim ~rahimahullahu~ dalam shahihnya no. 7606, Maktabah Syamilah]

Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin ~rahimahullahu~ mengatakan : “Sebagian ahli sejarah menceritakan tentang kehidupan al-Hafizh Ibnu Hajar ~rahimahullahu~, beliau adalah salah seorang hakim di Mesir pada masanya. Apabila beliau ke tempat aktifitasnya beliau menggunakan kereta kuda.

Suatu hari beliau bertemu dengan seorang Yahudi penjual minyak, dan pakaiannya pun dalam kondisi kotor. Ia menghentikan laju kereta kuda sang Hakim. Ia berkata : “Sesungguhnya Nabi kalian pernah bersabda, ‘Dunia ini adalah penjara bagi orang mu’min dan Surga bagi orang kafir’. Engkau adalah hakim agung di Mesir, menunggang kuda dan berada dalam kenikmatan ini. Sedangkan aku berada dalam derita dan kesengsaraan seperti ini?”

Ibu Hajar berkata : “Aku dengan keadaanku sekarang berupa kelapangan dan kenikmatan dibandingkan dengan kenikmatan Surga adalah ibarat penjara. Sedangkan engkau dengan penderitaanmu sekarang dibandingkan dengan adzab Neraka itu ibarat Surga.”

Mendengar penjelasan sang Hakim agung tersebut, maka orang Yahudi itu mengatakan : “Aku bersaksi bahwa tidak ada yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad itu adalah utusan Allah.” Sang Yahudi itu pun masuk Islam. ” [Dikutip dari Kitabul ilmi karya Syaikh Muhammad bin Al’Utsaimin ~rahimahullahu~ hal. 29-30)

Saudaraku,..
Meski susah untuk ideal
Mari kita terus berbekal
Menuju kehidupan yang kekal
Dunia bukanlah tempat tinggal
Tak tertipu mereka yang berakal
Iman dan amal sholeh sebaik-baik bekal
Sunnah Nabi jadikan standar benarnya iman dan amal
Dan semoga Surga menjadi tempat tinggal

Wa shallallahu wa sallama ‘alaa Nabiyyinaa Muhammad

Sumber: telegram @Hadits Pilihanku

Keep syar’i n inspiring
@Muslimah_talk

Posted by | View Post | View Group

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *