Metode menghafal al Qur’an

Muslimah Talk - Quran

Al quran merupakan kitab Allah yang disucikan sekaligus diagungkan dan dimuliakan. Jutaan manusia menghafal Kalam suci ini. Ada beberapa metode yang bisa dikembangkan dalam rangka mencari alternatif terbaik untuk menghafal al quran, berikut metode nya, simak yuk dear ^^

1. Metode wahdah

yaitu menghafal satu per satu terhadap ayat yang hendak dihafalnya. Untuk mencapai hafalan awal, setiap ayat bisa dibaca sebanyak sepuluh kali, atau dua puluh kali. Setelah bena-benar hafal, barulah dilanjutkan pada ayat-ayat berikutnya dengan cara yang sama.

2. Metode kitabah

Pada metode ini penghafal terlebih dahulu menulis ayat-ayat yang akan dihafalnya, kemudian ayat-ayat tersebut dibaca hingga lancar dan benar bacaannya, baru kemudian dihafalkan.

3. Metode sima’i

Pada metode ini penghafal al quran akan mendengarkan ayat-ayat yang akan dihafalnya, bisa mendengar dari guru yang membimbingnya menghafal al quran bisa juga melalui murotal.

4. Metode gabungan

Metode ini merupakan gabungan metode wahdah dan metode kitabah, cara nya setelah penghafal selesai mengulang-ulang ayat yang dihafalkannya, kemudian ia mencoba menuliskan pada selembar kertas ayat-ayat yang dihafalnya.

5. Metode Jama’

Yang dimaksud dengan metode ini adalah cara menghafal yang dilakukan secara kolektif, yakni ayat-ayat yang dihafal dibaca secara kolektif atau bersama-sama, di pimpin oleh seorang guru tahfidz. Pertama guru membacakan satu ayat, kemudian penghafal melafadzkan ayat tersebut secara bersama-sama dan di ulang-ulang.

Pada prinsipnya semua metode di atas baik sekali untuk dijadikan pedoman menghafal al qur’an dear, baik salah satu di antara nya atau dipakai semua sebagai alternatif. Menghafal sebagai proses awal untuk memahami kandungan al qur’an. Yuk kita coba menghafal al qur’an dear, Barokallahulana ^^

Posted by | View Post | View Group

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *