MENGINGATKAN KEMBALI JANGAN SIA-SIAKAN 10 HARI AWAL DZULHIJJAH 😃 Alhamdulillah…

MENGINGATKAN KEMBALI

JANGAN SIA-SIAKAN 10 HARI AWAL DZULHIJJAH 😃

Alhamdulillah hari ini kita sudah memasuki 1 Dzulhijjah (15-09-2015)

AMALAN YANG DISYARIATKAN

1. HAJI & UMROH (bagi yang
mampu)
Amal ini adalah amal yang paling utama. Nabi shalallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Dari umrah ke umrah adalah tebusan (dosa-dosa yang dikerjakan) di antara keduanya, dan haji yang mabrur balasannya tiada lain adalah Surga”.

2. MEMPERBANYAK PUASA TERUTAMA DI HARI ARAFAH
Disebutkan dalam hadist Qudsi: “Puasa ini adalah untuk-Ku, dan Aku lah yang akan membalasnya. Sungguh dia telah meninggalkan syahwat, makanan dan minumannya semata-mata karena Aku”.

Diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Qatadah rahimahullah bahwa Nabi SAW bersabda: “Berpuasa pada hari Arafah karena mengharap pahala dari Allah melebur dosa-dosa setahun sebelum dan sesudahnya”.

3. BERKURBAN
Diriwayatkan Nabi SAW: “Berkurban dengan menyembelih dua ekor domba jantan berwarna putih dan bertanduk. Beliau sendiri yang menyembelihnya dengan menyebut nama Allah dan bertakbir, serta meletakkan kaki beliau di sisi tubuh domba itu”. [Muttafaqun ‘Alaihi].

Disunnahkan juga bagi yang berqurban untuk memotong sendiri hewan qurbannya atau melihat proses pemotongan.

4. SHALAT IED & MENDENGARKAN KHUTBAHNYA

5. TIDAK MEMOTONG RAMBUT & KUKU BAGI YANG BERKURBAN
Nabi SAW bersabda: “Jika kamu melihat hilal bulan Dzul Hijjah dan salah seorang di antara kamu ingin berkurban, maka hendaklah ia menahan diri dari (memotong) rambut dan kukunya”.

6. MEMPERBANYAK TAKBIR & DZIKIR

7. TAUBAT
Disebutkan dalam hadits dari Abu Hurairah RA, bahwasanya Nabi SAW bersabda: “Sesungguhnya Allah itu cemburu, dan kecemburuan Allah itu manakala seorang hamba melakukan apa yang diharamkan Allah terhadapnya” [Hadits Muttafaqun ‘Alaihi].

8. BANYAK BERAMAL SHALIH
Seperti : shalat sunah, sedekah, pererat silaturrahim, menebarkan salam, membaca sholawat, menghadiri majelis ilmu, jihad, membaca Al-Qur’an, amar ma’ruf nahi munkar dll.

Keep syar’i n inspiring
@Muslimah_talk

Posted by | View Post | View Group

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *