Sempurnakan hijabmu Ukhti

Wahai Ukhti, berhijablah dan sempurnakan hijabmu

Akhir-akhir ini istilah hijab sudah meluas di kalangan masyarakat, tapi ukhti tahukah beda nya hijab, khimar, dan jilbab? Yuk kita bahas satu-satu ^^

Hijab adalah kata dalam bahasa Arab (khajaba) yang berarti penghalang atau penutup. Tentunya yang dimaksud dengan ‘penghalang’ adalah menghalangi pandangan dari yang tidak seharusnya dilihat (baca: aurat). Hijab adalah pakaian dari atas sampai kebawah yang dikenakan WAJIB bagi muslimah untuk menutup aurat.

Lalu apa pengertian Khimar? Khimar adalah kain kerudung yang digunakan muslimah untuk menutup kepala sehingga tertutup rambut, leher, anting-anting dan dada mereka.

Sedang pengertian Jilbab adalah baju panjang / gamis /daster yang menutup seluruh badan.

“Hai Nabi, katakanlah kepada Isteri-isterimu, Anak-anak perempuanmu dan Isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Al-Ahzab :59)

Jadi ukhti, lebih jelasnya seperti ini -> Jilbab + Khimar = Hijab ^^

Saat ini Alhamdulillah sudah banyak muslimah yang berhijab atau menutup aurat di depan non mahram nya. Tapi apakah hijab mu sudah sesuai dengan yang disyariatkan Allah dan Rasulullah?

Yuk kita cek hijab kita masing-masing Ukhti ^^

Sudah berhijab, TAPI khimar atau kerudung Ukhti masih tipis dan transparan? rambut pun kelihatan, terus guna khimar mu apa donk ukhti ku sayang? Sama aja kamu belum berhijab, yuk disempurnakan ^^

Sudah berhijab, TAPI khimar atau kerudungnya kecil dan belum menutup dada? hmm inget lagi yuk firmanNya di QS An Nur (24) : 31 “..hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya..”

Sudah berhijab, TAPI baju Ukhti masih ketat? Bukankah tidak boleh menampakkan bentuk tubuh mu wahai shalihat? segera longgarkan baju mu dan tutup rapat-rapat ^^

Dari Usmah ibn Zaid “Rasulullah memberiku pakaian qibthiyah (gaya mesir) yang tebal, hadiah dari Dihyah Al Kalbiy. Pakaian tu aku kenakan pada isteriku. Maka suatu ketika Rasulullah bersabda : ‘Mengapa engkau tak pernah memakai baju mesir itu’? Aku pun menjawab , ‘Baju itu saya pakaikan pada isteri saya’. Beliau lalu bersabda , ‘Perintahkanlah isterimu agar mengenakan baju lain di bagian dalamnya. Aku khawatir pakaian Mesir itu masih menggambarkan bentuk tubuhnya”

Sudah berhijab, TAPI kaki Ukhti masih terbuka? kaki mu termasuk aurat ya, jadi segera pakai kaos kaki nya, simak berikut ini sabda Nabi kita tercinta.

Dalam satu riwayat dari Khalid ibn Duraik: Aisyah RA berkata :

“Suatu hari, Asma binti abu bakar menemui Rasulullah Saw, dengan mengenakan pakaian tipis. Beliau berpaling darinya dan berkata, ‘Wahai Asma’, jika perempuan sudah mengalami haid, tidak boleh ada anggota tubuhnya yang terlihat, kecuali ini dan ini’-sambil menunjuk ke wajah dan kedua telapak tangan.” (HR Abu Dawud).

Sudah berhijab, TAPI masih pakai celana panjang? Bentuk paha mu tetap terlihat lho, segera ganti pake gamis atau rok panjang. Celana panjang itu pakaian kaum adam wahai ukhtiku sayang. “Rasulullah melaknat laki-laki yang memakai pakaian perempuan, dan perempuan yang memakai pakaian laki-laki.” (HR Ahmad, Abu Dawud, Al hakim, dan Ibnu Majah)

Sudah berhijab, TAPI punuk unta masih terlihat? Simak nih shalihat, berikut sabda tentang punuk unta dari pribadi mulia yang paling taat.

“Ada 2 golongan dari penduduk neraka yg belum pernah aku lihat yaitu : Suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi utk memukul manusia dan para wanita yg berpakaian tapi telanjang berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Wanita seperti itu tidak akan masuk surga…Dan tidak akan mencium baunya, walaupun baunya tercium selama perjalanan sekian dan sekian.” (HR. Muslim no. 2128)

Yuk semangat perbaiki diri, hijrah ke hijab syar’I sesuai syariat Allah dan tuntunan Rasulullah Salallahu’Alaihi wassalam Ukhti ^^

Barokallahulakum ^^

Keep Syari and inspiring ^^

Posted by | View Post | View Group

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *